Sebelumnya ZamZeLova tidak pernah dibiasakan memakai seat belt saat di mobil. Dulu saya nggak merasa perlu.
Padahal ZamZeLova beberapa kali jatuh “njelungup” didalam mobil saat ngerem mendadak. Dan beberapa kali jg chaos karena bertengkar di dalam mobil. .

Sampai suatu ketika saat cerita ke Bu Okina Fitriani tentang Lova kalau dulu tantrum di mobil bisa mukul ibunya yang sedang nyetir. Trus diberi saran untuk membiasakan memakai seat belt, dengan teknik briefing dan roleplay. .

Saya mulai briefing dan roleplay dengan memberi informasi pentingnya memakai seat belt. Lalu saya brief ke mereka
Ibu: Jadi biar pas di mobil bisa lebih aman harus pakai apa ya zzl?
Zzl: hmm, pakai sabuk.
Ibu: zzl mau diajarin pakai sabuk?
Zzl: mau. .

Lalu pas di mobil ibu mulai ajarin dengan roleplay cara narik sabuknya cara memasangnya, dan dicoba jg kalau sabuk ditarik mendadak, bisa nahan kita supaya nggak kebentur ke depan. Mereka seneng mengexplore. .

Dirumah ibu jg roleplay pura-pura naik mobil di karpet. Berganti-ganti formasi duduk dan role play mobil nge gas, ngerem, belok kanan, kiri. (Ini seperti adegan viral di youtube yang polisi duduk di kursi gaya nyetir ugal-ugalan, tapi kita nggak ugal-ugalan yaa) .

Saya tanyakan ke mereka. “besok bisa mulai pakai sabuk berangkat ke sekolah? Bisaa”
Trus terakhir saya jelaskan ke mereka, “kalau belum pake sabuk, mobil nggak akan jalan ya”.. .

Besok paginya saya ingatkan mereka tentang posisi duduk dan memakai seat belt. “Zzl inget hari ini di mobil harus pake apa ya? Inget, pake apa? Sabuk. Masuk mobil mereka duduk dan satu persatu memasang seat belt lalu saya cek apakah sudah benar dan aman. .

Dua hari kemudian saya evaluasi, tambahkan kesepakatan, kalau ada yang ingin ngelepas sabuk, harus ijin, mobil akan berhenti dipinggir jalan dan baru lepas sabuk.
.

Alhamdulillah sudah sebulan lebih mereka sudah jadi kebiasaan baru untuk masuk mobil langsung memakai sabuk, dan lebih aman bahkan ketika tertidur. .

Memang diawal seperti berat untuk mengubah kebiasaan, ternyata dengan briefing dan roleplay semua mudah. Asal ortu jg konsisten. .

#zamzelova #ortuindonesia#enlighteningparenting

Sumber: www.zamzelova.com
Elfira Mahda
IG: @zamzelova